Software untuk pengelola BMT atau Lembaga Keuangan

Software untuk pengelola BMT atau Lembaga Keuangan

Baitul Maal Wa Tamwil (BMT), dalam bahasa Indonesia sering disebut dengan istilah Balai Mandiri Terpadu (BMT) merupakan salah satu lembaga pendanaan alternatif yang beroperasi di tengah masyarakat akar rumput. Pinbuk (1995) menyatakan bahwa BMT merupakan lembaga ekonomi rakyat kecil yang berupaya mengembangkan usaha-usaha produktif dan investasi dalam meningkatkan kegiatan ekonomi pengusaha kecil dan berdasarkan prinsip syariah dan koperasi. 
    BMT memiliki dua fungsi yaitu : 
    Pertama, Baitul Maal menjalankan fungsi untuk memberi santunan kepada kaum miskin dengan menyalurkan dana ZIS (Zakat, Infaq, Shodaqoh) kepada yang berhak; 
    Kedua, Baitul Taamwil menjalankan fungsi menghimpun simpanan dan membiayai kegiatan ekonomi rakyat dengan menggunakan Sistem Syariah.
Beberapa ahli mendefenisikan Baitul Maal Wat Tamwil (BMT) sebagai lembaga keuangan alternatif sebagai lembaga pendanaan di luar sistem perbankan konvensional dengan sistem bunga. Suhadi Lestiadi (1998), menjelaskan bahwa yang dimaksud dengan lembaga keuangan alternatif adalah suatu lembaga pendanaan yang mengakar di tengah-tengah masyarakat, di mana proses penyaluran dananya dilakukan secara sederhana, murah dan cepat dengan prinsip keberpihakan kepada masyarakat kecil dan berazaskan keadilan. Dengan cara pandang dan pengertian lembaga pendanaan tersebut, maka BMT Dikelompokkan ke dalam koperasi jasa keuangan yang diartikan sebagai koperasi yang menyelenggarakan jasa keuangan alternatif.
 
Di dalam peranannya sebagai Baitul Taamwil, kinerja BMT lebih difokuskan kepada kegiatan yang bersifat produktif, sehingga tidak mustahil di dalam suatu Cashflow, BMT termasuk dalam kategori produser, konsumen, distributor dan sirkulator. Empat kegiatan ini adalah suatu kegiatan rill yang dilakukan dalam kegiatan ekonomi. Kerangka tersebut penulis istilahkan dengan Dimensi BMT sebagai produser, konsumen, distributor dan sikulator.
 
Untuk medukung kinerja BMT sekarang ini telah dikembangkan sebuah software aplikasi khusus BMT yang mampu menangani laporan-laporan maupun pembukuan dalam BMT. Saya menemukan software ini dari http://www.koperasi-syariah.net dan karena menurut saya sangat bagus maka saya sengaja cuplik dan bagikan di blog ini.
 
Aplikasi e-Business Koperasi Jasa Keuangan Syariah atau yang selanjutnya kami sebut sebagai Sistem Informasi Manajemen Koperasi Syariah (SIMKOPSYAH) adalah Aplikasi OPEN SOURCE/FREE yang diperuntukan bagi UKM yang bergerak dibidang usaha Koperasi Jasa Keuangan Syariah/BMT, yang dibangun oleh Kemkominfo bekerja sama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Pengembang awal dari Software SIMKOPSYAH ini adalah Waditra Reka Cipta, perusahaan konsultan IT yang telah banyak menangani proyek-proyek IT di lingkungan pemerintah ataupun swasta.
 
Software yang menjadi salah satu Nominator INAICTA 2010 ini memiliki fasilitas untuk pengelolaan dana simpanan atau pinjaman (Simpan-Pinjam) termasuk didalamnya pengelolaan data nasabah yang kesemuanya terintegrasi dengan data-data keuangan sehingga saat kasir/teller menginputkan data transaksi simpanan ataupun pinjaman, saat itu juga terbentuk Jurnal Umum, Buku Besar ataupun Laporan Keuangan lainnya (Smart Akunting).
 
Software juga mampu mencetak transaksi simpanan ke kartu Simpanan Nasabah. Juga memiliki Log Book (Audit Trail) yang mampu menelusuri setiap aksi yang dilakukan user pada aplikasi.
 
Software SIMKOPSYAH ini dapat berjalan di “Single User” ataupun “Multi User”, dan mampu beroperasi di lingkungan Windows ataupun Linux (Multiplatform).
    Cakupan Modul pada SIMKOPSYAH Open Source :
    Modul Pelayanan dan Pembiayaan
    Modul Kasir
    Modul Akunting
    Modul Setting Data Master
 
Keunggulan :

  • Open Source
  • Multiplatform (bisa dioperasikan di Windows, Linux ataupun Solaris)
  • Multi User / Multi Teller
  • Smart Akunting (Laporan Keuangan langsung tergenerate saat penginputan Transaksi di Teller)
  • Authorize Password
  • Having Log/historical transaction (memudahkan untuk trace/menelusuri data)

Minimum S/W Requirement :
  • Operating System :  Windows / Linux / Solaris
  • Web Server : Glassfish
  • Database : MySQL
  • Browser : Mozila Firefox

Minimum H/W Requirement :
  • RAM : 500 MB (Client), 2 GB (Server)
  • Processor : Pentium 4
  • Printer : Laser Jet / Bubble Jet  (untuk Laporan) dan Dot Matrix (untuk Cetak ke Kartu Simpanan)

Software Pendukung :
  • Java Development Kit (gunakan jdk-6u17-windows-i586.exe)
  • GlassFish (gunakan sges-2_1-windows.exe)

GlassFish (sges-2_1-windows.exe) :
https://i2.wp.com/www.koperasi-syariah.net/wp-content/plugins/downloads-manager/img/icons/default.gif download: sges-2_1-windows.exe (65.16MB)
added: 16/03/2011
clicks: 1088
description: SGES 2.1 for windows
simkopsyah versi 1.0 :
https://i2.wp.com/www.koperasi-syariah.net/wp-content/plugins/downloads-manager/img/icons/default.gif download: Aplikasi SIMKOPSYAH September 2010 (26.41MB)
added: 01/09/2010
clicks: 8694
description: Deploy ulang “simkopsyah.war” dan “koperasi-syariah-kosong.sql” yang sudah terinstall di komputer anda dengan update September 2010 ini.
simkopsyah versi 2.0 :
https://i2.wp.com/www.koperasi-syariah.net/wp-content/plugins/downloads-manager/img/icons/default.gif download: simkopsyah versi 2.0 (27.30MB)
added: 27/05/2011
clicks: 6069
description: Update : Laporan Keuangan dll Dalam file ini terdapat 2 file, aplikasi dan database. Ekstrak file ini menggunakan Aplikasi ‘sevenzip’. Cara Deploy sama dengan versi sebelumnya hanya berbeda di cara pemanggilan (localhost:8080/Simkopsyah). Hapus dulu database dan aplikasi simkopsyah versi 1.0 bila ingin mencoba versi terbaru ini.
User Manual :
https://i2.wp.com/www.koperasi-syariah.net/wp-content/plugins/downloads-manager/img/icons/default.gif download: User Manual SIMKOPSYAH (1.72MB)
added: 01/09/2010
clicks: 7526
description: –
Panduan Instalasi :
https://i2.wp.com/www.koperasi-syariah.net/wp-content/plugins/downloads-manager/img/icons/default.gif download: Panduan Installasi SIMKOPSYAH (1.65MB)
added: 01/09/2010
clicks: 7487
description: –
MySQL Connector Java :
https://i2.wp.com/www.koperasi-syariah.net/wp-content/plugins/downloads-manager/img/icons/default.gif download: MySQL Connector Java (660.83KB)
added: 01/09/2010
clicks: 7536
description: –
Source Code :
https://i2.wp.com/www.koperasi-syariah.net/wp-content/plugins/downloads-manager/img/icons/default.gif download: Source Code SIMKOPSYAH (32.37MB)
added: 01/09/2010
clicks: 7454
description: –
Video Capture :
https://i2.wp.com/www.koperasi-syariah.net/wp-content/plugins/downloads-manager/img/icons/default.gif download: Video Capture (8.26MB)
added: 01/09/2010
clicks: 1111
description: Jalankan video ini untuk melihat fitur dan modul dalam SIMKOPSYAH
Untuk mendapatkan paket SIMKOPSYAH dalam bentuk CD (jdk-6u17-windows-i586.exe, xampp-win32-1.6.8-installer.exe, sges-2_1-windows.exe, syariah.war, mysql-connector-java-5.1.5-bin.jar, User Manual, Panduan Instalasi dsb), hubungi Masyarakat Ekonomi Syariah atau email ke azmifahri@yahoo.com dan bektiagustin@yahoo.com
 
Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s