Cara Manajemen file di Komputer secara otomatis dengan Calibre

Malam ini saya diajak untuk mengikuti lomba penulisan artikel dan SEO blog yang mengambil tema “Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda“, seperti biasa sebelum membuat artikel saya selalu mencari berbagai referensi, termasuk membuka file-file arsip di komputer.
 
Apakah anda juga suka mengoleksi file untuk arsip di komputer?
Bagaimana cara anda memanajemen file-file arsip tersebut jika jumlahnya sudah sangat banyak, bukankah dapat menyulitkan saat hendak mencari file nantinya?
 
Nah, jika anda mengalami kesulitan dalam memanajemen arsip file di komputermu, saya punya referensi software atau program untuk mengatur dan memanajemen file-file (khususnya file pdf) di komputer anda.
 
 
Seperti yang dikatakan di situs resimnya, Calibre adalah software gratis sekaligus opensource yang mempunyai fungsi utama sebagai perpustakaan Ebook yang dibuat oleh para pengguna Ebook untuk para pengguna Ebook.
Download dan Installasi Software
 
Dengan ukuran instalasi sebesar 44MB anda sudah bisa menikmati beragam fitur yang ditawarkan ebook ini. OS yang didukung adalah Windows, OS X dan Linux ada juga versi portable di halaman downloadnya. Untuk mendownload ebook organizer ini silahkan menuju langsung ke situs resminya dengan menggunakan link http://calibre-ebook.com/download
 
Kegunaan/manfaat Calibre

Calibre mempunyai banyak fungsi hebat, diantaranya :

 
a. Library Management
 
Fitur ini adalah fitur utamanya, dengan tampilannya yang sangat simple, ebook organizer ini dapat mengelompokkan Ebook berdasarkan: Title (judul), Author (Penulis), Date added (Tanggal kita menambahkan Ebook), Date published (Tanggal Ebook dipublikasikan), Size (Ukuran Ebook), Rating, Series, Language (Bahasa) dll. Kita juga bisa mengurutkan Ebook berdasarkan Comment atau Tag.
 
Library manajemen
Kalau kita punya banyak Ebook dan bingung mau mencari buku yang mana, kita juga bisa menggunakan fasilitas Search untuk memudahkan kita mencari Ebook yang kita inginkan.
 
Ebook organizer yang satu ini juga bisa mendownload metadata tentang Ebook anda dari internet. Apa itu metadata? Jadi jika anda mempunyai Ebook “kosong” dalam arti tidak tau siapa penulisnya, kapan buku itu diterbitkan, maka Calibre bisa mendownload data-data ini untuk anda.
 
b. Ebook Convertion
 
Pernah anda mendownload Ebook dengan format prc, cbr, mobi atau yang lainnya? Bingung cara membuka ebook itu dengan apa? Well, jatuhkan pilihan anda pada Calibre. Selain dapat membaca ebook dengan ekstensi file di atas, anda juga bisa mengkonversinya menjadi ebook dengan format yang lebih familiar seperti epub, pdf atau txt.
 
Untuk list lengkap ekstensi apa aja yang disupport oleh Ebook Organizer ini, silahkan lihat di http://manual.calibre-ebook.com/faq.html#what-formats-does-app-support-conversion-to-from
 
Anda mempunyai Amazon Kindle Fire? 
Atau Sony Reader? 
 
Anda bisa mengsinkronisasi Ebook anda yang ada di laptop ke device dengan Calibre.
 
Dan salah satu dari fitur hebat Calibre adalah kemampuan merubah konten yang ada di RSS suatu website. Hal ini berguna misalkan jika anda ingin berlangganan membaca situs-situs berita melalui komputer atau laptop maupun tablet. Intinya Calibre dapat merubah konten yang ada di RSS tersebut menjadi Ebook yang dapat anda baca.
 
Situs berita pun tidak hanya yang ada di Inggris atau Amerika sana, terdapat 1187 sumber/situs warta yang tersebar diseluruh dunia, termasuk yang ada di Indonesia, Kompas contohnya. Ada juga Bahasa English Indonesia, sepertiJakarta Post.
 
c. Ebook Reader yang powerful
 

 

Calibre dapat membaca semua format ebook yang terkenal, seperti epub, prc, pdf dll. Calibre Ebook Reader juga mempunyai fungsi Bookmark, search, Table Of Content, Printing, Copying dan lain-lain. 

 


Dan masih banyak lagi fitur lainnya yang harus anda coba sendiri

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s