Inilah 7 Misteri Planet Mars Yang Belum Terpecahkan Ilmuwan

 
 
Liputan6.com, New York: Planet Mars disebut sebagai “bintang api” oleh astronomer Cina kuno yang masih mengandung banyak misteri hingga sekarang. Berikut ada tujuh hal yang hingga saat ini masih dipertanyakan oleh banyak astronomer modern.
 
1. Apakah Mars mempunyai dua sisi?
 
Ilmuwan masih bingung apakah planet ini memiliki dua sisi yang berbeda. Belahan utara planet tersebut mempunyai kontour yang lembut dan rendah. Bagian dataran di planet tersebut diperkirakan mempunyai aliran air. Sedangkan untuk belahan selatan planet tersebut mempunyai karakteristik daratan yang kasar dan penuh dengan kawah dengan ukuran 4 km-8 km.

 

 
2. Darimanakah Methana di Mars berasal?
 
Elemen Metana merupakan salah satu molekul organik paling sederhana yang pertama di temukan oleh Badan Antariksa Eropa pada 2003. Di Bumi, Metana yang ada di atmosfer datang dari kotoran binatang di peternakan. Metana di atmosfer Mars diperkirakan stabil dalam waktu 300 tahun. Akan tetapi, masih banyak faktor yang dapat memproduksi metana, seperti aktivitas vulkanik.
 
Badan Antariksa Eropa lewat pesawatnya ExoMars yang akan diluncurkan pada 2016 akan dikirim kesana untuk mempelajari komposisi kimia di Mars untuk mendapat informasi lebih mendalam mengenai kadar metana.
 
3. Apa ada laut di Mars?
 
Beberapa misi eksplorasi Mars berusaha mencari tahu apakah planet tersebut mempunyai aliran air yang nantinya bisa mendukung kehidupan. Lewat penelitiaan yang dilakukan, banyak ditemukan struktur yang menyerupai delta dan laut.
 
Selain itu, penelitian tentang temperatur dari udara menyatakan bahwa intentitas sinar matahari sangatlah rendah. Akan tetapi, ini cukup untuk bisa menghangatkan air yang ada di sana.
 
4. Apakah air mengalir di dataran Mars?
 
Walaupun ilmuwan sudah menemui sejumlah bukti keberadaan air, tetapi hal ini masih sebuah asumsi. Tekanan atmosfer di planet tersebut sangatlah rendah agar air bisa bertahan di sana. Tetapi, kanal yang ada di sana dipercaya menjadi tempat di mana air mengalir saat musim semi.
 
5. Adakah kehidupan di Mars?
 
Pesawat yang pertama mendarat di sana, Viking 1 mendapatkan bukti nyata seperti molekul organik, layaknya methyl chloride dan dichloromethane. Akan tetapi, kedua elemen tersebut dipercaya bukan berasal dari planet tersebut, melainkan dari pesawat Viking 1. Dataran Mars sangat sulit untuk dijadikan tempat tinggal karena dingin dan tingkat radiasi yang tinggi.
 
6. Apakah kehidupan di bumi dimulai dari Mars?
 
Meteor yang ditemukan oleh ilmuwan di Antartika disinyalir datang dari Planet Mars. Hipotesa yang mengatakan bahwa beberapa elemen kimia yang dibawa oleh meteor tersebut memungkinkan adanya kehidupan bumi sekarang. Akan tetapi, semua itu hanya dapat dijelaskan lewat pernyataan yang masih menjadi perdebatan panas.
 
7. Mungkinkah manusia hidup di Mars?
 
Untuk menjawab pertanyaan ini, seharusnya manusia dikirim ke sana untuk melihat kemungkinan tersebut. Rencana NASA untuk melakukan misi ini pada 1969 sempat mendapat hambatan pada isu teknologi. Hal lain seperti makanan dan tingkatan radiasi menjadi faktor hambatan lainnya.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s