7 Penyakit Manusia yang Ditularkan dari Hewan

Jakarta, Manusia seringkali memanfaatkan hewan untuk memenuhi kebutuhannya sendiri. Meskipun berbeda spesies, bukan berarti penyakit yang diidap hewan tidak dapat menular ke manusia. Fenomena ini disebut zoonosis.

Kebersihan adalah kunci utama menghindari infeksi penyakit dari hewan ini. Tidak semua penyakit bisa ditularkan, tapi beberapa penyakit yang bisa ditularkan kabanyakan bebahaya bagi manusia.

Tujuh penyakit yang bisa ditularkan hewan kepada manusia seperti dilansir Health24.com, Kamis (17/11/2011) antara lain:

1. Toksoplasma
Menyentuh tinja kucing adalah celah dimana toksoplasmosis menyerang manusia. Cucilah tangan setelah menyentuh kotoran kucing. Ibu hamil harus sangat berhati-hati sebab infeksi toxoplasma dapat menyebabkan keguguran, bayi lahir mati, atau kecacatan pada bayi yang dikandung.

2. Avian influenza
Avian influenza atau flu burung disebabkan oleh virus yang ditemukan pada burung yang terinfeksi. Tak hanya burung, hewan sebangsa unggas juga bisa menularkan ayam, bebek atau kalkun.

3. Pes atau sampar
Meskipun tak banyak ditemui saat ini, wabah pes sempat meluluh lantakkan eropa di abad pertengahan. Pes ditularkan dilakukan melalui kutu yang banyak ditemukan tikus rumah dan hewan pengerat lainnya.

4. Salmonella
Memelihara reptil memang eksotis dan unik. Namun di lain hal, sang pemilik sebaiknya sudah bersiap-siap terserang infeksi bakteri salmonella.

5. Ebola
Ebola adalah virus demam berdarah yang parah yang didapatkan karena kontak dengan hewan seperti simpanse, gorila dan bahkan kelelawar yang telah terinfeksi.

6. Giardia
Parasit usus seperti giardia dapat masuk ke dalam tubuh jika air minum terkontaminasi kotoran dari ternak, hewan unggas air atau lainnya.

7. Rabies
Satu gigitan saja dari hewan yang terinfeksi dapat menyebabkan infeksi virus penyebab infeksi otak ini. Untungnya vaksin rabies yang ada saat ini cukup efektif, bahkan ketika diberikan setelah cukup lama terpapar penyakit.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s