Penemu WWW Dinobatkan Jadi Orang Paling Inspirasional

Bagaimana cara Anda berselancar di dunia maya? Menyalakan browser pastinya. Lalu apa yang harus Anda ketikkan? Biasanya diawali dengan ‘www’. Tahukah Anda siapa penemunya?
WWW (World Wide Web) merupakan hasil karya Tim Berners-Lee. Baru-baru ini ia dianugerahi gelar sebagai orang yang paling inspirasional di Inggris. Ia juga pernah dinobatkan sebagai salah satu dari 100 orang berpengaruh di abad ini versi majalah TIME. Namanya disejajarkan dengan ilmuwan kelas berat lainnya. Bahkan ada yang berpendapat seharusnya pria kelahiran London, Inggris, 8 Juni 1955 itu juga pantas mendapat meraih hadiah Nobel karena apa yang telah dia lakukan sangat penting.
Seluruh orang di dunia menggunakan hasil karyanya, yaitu jaringan komputer dari berbagai belahan dunia yang lebih dikenal istilah World Wide Web (www). Berners-Lee adalah penulis program browser pertama dan server WWW pertama di dunia yang menjadikan ‘www’ sebagai tiga huruf kembar populer di dunia teknologi informasi (TI).
Penemuan WWW berawal saat Tim bekerja di CERN, laboratorium fisika partikel milik Eropa di tahun 1980. Saat itu dia bekerja sebagai perekayasa piranti lunak (software engineer). Karena CERN merupakan institusi multi-nasional, Berners-Lee berniat membuat software yang dapat menghubungkan data-data dan informasi yang dia miliki dan para periset lainnya. Dengan demikian mereka dapat bekerja dengan lebih efisien.
Alhasil, jadilah software bernama Enquire, kependekan dari Enquire Within Upon Everything, judul ensiklopedia yang dia ingat waktu masih kecil. Kemudian idenya itu dikembangkannya di luar organisasi CERN.
Atas keinginan berbagi informasi pada sesama ilmuwan, kemudian Lee berpikir untuk mengembangkan software-nya tersebut menjadi pusat informasi. Maka di tahun 1991 Lee meluncurkan browser WWW yang sampai saat ini menjadi standar khusus dalam dunia internet.
Apa yang dilakukan Lee tidak lain merupakan hasil didikan orang tuanya. Sejak kecil, orang tuanya sudah mengajarkan untuk berpikir kreatif. Bahkan ia sering bermain-main dengan bilangan imajiner dalam pikirannya.
Saat duduk di bangku kuliah di Oxford, Lee mampu merakit komputer sendiri dari barang-barang elektronik bekas TV. Dia juga mempelajari Fisika karena Fisika menggabungkan konsep matematika dan elektronika.
Lee adalah ilmuwan yang memiliki visi jauh ke depan. Ia tak ingin sekedar mencari keuntungan tapi mengabaikan kepentingan orang banyak. Sehingga sampai saat ini, ia tak banyak mengambil untung dari penemuan dan keahliannya.
Saat ini, Tim Berners-Lee menjabat sebagai Direktur World Wide Web Consortium (W3C), sebuah organisasi yang mengembangkan teknologi lintas platform, menetapkan spesifikasi, aturan-aturan, menciptakan berbagai piranti lunak dan alat-alat lainnya yang dapat mengoptimalkan penggunaan temuannya, World Wide Web. Kantornya berada di Massachussets Institute of Technology dan memiliki 400-an anggota dengan staf sekitar 40 orang yang tersebar di seluruh dunia. Anggota-anggotanya terdiri dari Microsoft, Adobe, Intel, Macromedia, Oracle, dan lain-lain. (Dari berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s