cara melindungi password email gmail yahoo facebook dari crack hack

Akhir akhir ini saya sering menerima keluhan dari teman teman saya mengenai account email dan facebook nya yang digunakan oleh orang lain. Malah gara gara itu banyak yang nama baik nya jadi rusak, chip poker nya dicuri, privasi nya ke ganggu dll. Anehnya rata rata teman yang datang ke saya bukan menanyakan bagaimana cara mengamankan password email atau facebook nya malah nanya bagaimana cara membobol password email atau facebook orang lain, weleh weleh. Pas ditanya buat apa, jawabannya beragam ada yang mau bales dendam, ada yang mau iseng mantau orang lain, ada yang mau ngeliat account pacarnya, mau ngerjain mantan dll. Rata rata semuanya nggak bener. Ya iyalah cara nya aja udah salah pasti hasilnya juga ngga baik.
Oleh karena itu saya jadi mikir bahaya juga internet. Dulu saya pikir film the net adalah film seru yang lebay atau adanya black mail di film ketika cinta bertasbih adalah kebodohan dari tokoh itu. Tapi setelah tahu dan banyak orang yang ngeluh, saya baru sadar itu adalah realita yang terjadi disekitar kita. Setelah beberapa kali ngumpulin data akhirnya saya beranikan nulis artikel ini.
Yang saya tahu email seperti gmail, yahoo, hotmail, sebernernya sudah cukup aman. Mereka sudah menerapkan sistem https, seal, encrypte dll. Artikel ini hanya menginformasikan bagaimana cara memaksimalkan sistem keamanan perusahaan email tersebut.

Berikut langkah langkah cara melindungipassword email ( password gmail / password yahoo ) dari crack hack

 
1. Sebaiknya tidak mencentang “stay signed in”. Stay in adalah fasilitas cookies yang menyimpan data login anda. Bahayanya spyware dapat membaca informasi  ini. Hindari mencentang stay signed in apalagi jika anda menggunakan komputer umum.
 
cara mengamankan password email gmail
2. Aktivekan sign-in seal yahoo. Ini berguna untuk memastikan anda mengakses alamat yahoo yang asli. Segelnya bisa di atur berupa teks atau gambar. Untuk mengaktifkannya anda bisa mulai dengan klik pada link seperti pada gambar di bawah. kemudian klik “start now” dan anda bisa atur segel anda. Tiap buka website mail.yahoo.com, segel itu akan tampak. Ini untuk menghindari phissing
melindungi password email yahoo facebook
 
3. Aktivekan https. Pengaktivan HTTPs menjadikan data yang dikirim di ecrypte terlebih dahulu, tentu saja hal ini menjadi lebih aman. Cara nya klik “Settings” lalu pada pilihan “browser connection” pilih “always use https”. Kalau sudah, jangan lupa klik “save changes”.
contoh pada email gmail
menghindari crack hack password email gmail
 
4. Lihat “Last Account activity” (hanya tersedia pada email gmail).  Lihat details untuk lebih jelas nya. Disana kamu bisa lihat ip address yang mengakses gmail kamu. Kalau misalnya ip address nggak kamu kenal sebaiknya rubah passwordnya segera.
 
password email gmail
 
5. Lihat tanda kunci. Kalau anda terima email dari yahoo saya anjurkan anda  melihat tanda kunci. Itu artinya email tersebut sudah diverifikasi melalui DomainKeys. Berarti email tersebut memang berasal dari yahoo.
password email yahoo facebook
 
6. Setiap browser biasanya memiliki sistem cache yang salah satunya bisa menympan password, baik itu email, facebook, atau password password login yang lainnya. Saya anjurkan tidak menggunakan fasilitas ini apalagi jika anda menggunakan komputer umum.

5. Ubahlah password secara berkala. Usahakan membuat password yang strong yang tidak mudah di tebak, gunakan karakter seperti $ @ “, kombinasi hurup besar dan hurup kecil serta penggunaan angka.
6. jika anda menggunakan account gmail anda bisa melakukan Update informasi recovery account gmail. Caranya klik di sini kemudian pada “email” anda bisa tambahkan email lain untuk menerima link setiing ulang password. Link itu akan dikirimkan jika anda lupa password.
7. Jika anda menggunakan yahoo anda bisa melakukan update account anda. Di sini setelah kemudian anda masukkan password anda, anda bisa tambahkan alamat email yahoo anda lainnya. ini berguna jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada email yahoo anda anda, anda bisa gunakan tambahan email yahoo lainnya untuk mengamankan kembali email yahoo anda itu.
8. Jangan lupa log out. walaupun misalnya anda menggunakan komputer pribadi, saya anjurkan untuk membiasakan logout setelah menggunakan email.
9. Bersihkan juga data di browser. Untuk pengamanan ekstra, bersihkan juga cache, cookies, dan history pada browser anda sehabis menggunakan gmail. Biar lebih aman.
10. Jika ternyata email anda sudah terlanjur dibobol oleh orang lain, atau anda lupa PIN nya jangan panik. Semua email memilki sistem recovery. Misal untuk yahoo anda bisa klik di sini. dan kemudian pilih permasalahan anda untuk kemudian datanya anda kirimkan ke alamat email anda lainnya. Itulah gunanya punya alamat email lebih dari satu. Agar ketika anda lupa password, bisa anda kirimkan ke alamat email yang lain.
Artikel cara melindungi password email gmail – yahoo – facebook ini membuat password emailbaik itu password gmail atau yahoo anda lebih aman. Juga menghindari hack email atauhack facebook dari email sehingga orang tidak bisa  membobol facebook anda
Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s