Mata Biru Pengusir Setan

Pernah ke Turki atau ada rencana liburan ke negara beribukota Ankara ini? Bila ya, jangan kaget kalau di sana banyak menemui hiasan berbentuk mata berwarna biru. Itu disebut Blue Eyes/Evil Eyes.
Blue Eyes, atau sebutan lokalnya “Nazar Boncugu” adalah lambang yang dipercaya penduduk Turki sebagai pengusir hantu/setan.
“Ini untuk mengusir roh jahat,” ujar Dewat, salah seorang penjual saat menawarkan ‘blue eyes’ dilansir dari VIVAnews dan rombongan wisatawan asal Indonesia di kawasan Taksim, Istanbul, Turki.
‘Blue eyes’ banyak dijual dalam bentuk gantungan kunci, magnet kulkas, kalung, cincin, gelang, bahkan hiasan dinding. “Jadi kalau ini dipasang, maka kekuatan jahat akan pergi,” ujarnya. “Juga bisa ditaruh di dalam mobil agar mobil kita terhindar dari kecelakaan.”
Menurutnya, warna-warna yang terdapat dalam jimat itu memiliki arti tersendiri. “Biru tua untuk mengusir hal jahat dan warna putih untuk membawa keberuntungan bagi kita semua,” ujarnya.

‘Blue eyes’ ini memikat sejumlah wisatawan. Selain bentuknya yang ‘aneh’ juga warnanya yang menarik. Selain itu harga yang ditawarkan cukup murah, berkisar antara 2 lira untuk gantungan kunci hingga 50 lira untuk bandul kalung.
Dari pantauan, memang Blue Eyes ini menjadi ciri khas tersendiri bagi Turki. ‘Blue Eyes’ banyak terlihat digantung di kaca spion mobil hingga pintu masuk rumah warga. Bahkan jadi alternatif suvenir bagi para turis.

Latar Belakang

 

Evil Eye, diperkirakan ada sejak 5.000 tahun yang lalu. Banyak terukir  pada tanah liat. Kemungkinan,  Evil Eye berasal sejak awal usia jaman Paleolitik Atas.

Lambang ini juga ditemukan oleh para arkeolog di hampir semua kepercayaan, termasuk Yahudi, budaya Kristen dan Muslim serta masyarakat Buddhis dan Hindu.
Konon, seorang guru kaca menggabungkan kekuatan sosok mata dengan kekuatan api dan menciptakan jimat baru: Nazar Boncugu.

Sejak itu banyak orang membuat berbagai hiasan menerakan lambang Nazar Boncugu, dengan tujuan untuk melindungi dari mata jahat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s