Kerja Keras Dalam Ngeblog

No, saya bukan sedang ngomongin salah satu kontes SEO yang sudah dalam tahap final yang diselenggarakan oleh Pertamina. Saya benar-benar akan membahas tentang seberapa keras usaha kita dalam ngeblog untuk mencapai tujuan yang kita inginkan.

Bagi blogger profesional yang sudah menghasilkan beberapa digit dalam sebulan [seperti Darren dan Yaro yang mencapai 5 digit per bulan], tentu tidak terjadi dalam waktu sekejab. Jika Anda tanyakan seberapa lama mereka ngeblog saat ini, mungkin jawabannya adalah 10 jam per minggu, tetapi tentu tidak pada saat awal mereka memulai.

Saya membaca salah satu blogger menulis bahwa dia bekerja di kantor 7 jam sehari, dan dilanjutkan dengan 7 jam bekerja [ngeblog] di rumah!

Apa? Pasti mata Anda melotot dan seakan tak percaya dengan kenyataan bahwa dia bekerja sekeras itu untuk bisa mencapai apa yang bisa dinikmatinya sekarang ini.

Okelah, kita tidak harus menirunya. Kita mungkin tidak akan memiliki tenaga yang sama dengannya. Kita juga butuh bersosialisasi dengan lingkungan, butuh jalan-jalan ke Mall, bercengkerama dengan keluarga besar, ngerumpi dengan tetangga sebelah rumah, main games di komputer, menonton televisi [dan sinetron yang berputar-putar ceritanya], dan menikmati segelas kopi di sebuah kedai bersama teman-teman sepulang bekerja.

Lantas, berapa banyak waktu yang bisa kita siapkan untuk blogging? Beberapa dari kita mampu menyediakan waktu lebih dari 15 jam seminggu untuk menonton televisi. Ada juga dari kita yang tidak merasa rugi menghabiskan 10 jam per minggu dengan games. Berapa banyak waktu yang cocok dihabiskan untuk ngeblog?

Jika Anda bercita-cita menjadi blogger profesional suatu saat, tentu usaha keras Anda benar-benar diperlukan. Sebagai contoh adalah seorang petinju yang tanpa lelah dan bosan memukul dengan gerakan yang sama setiap kali berlatih. Atau para pemain bulutangkis di Pelatnas kita yang terpaksa harus putus sekolah di tingkat lanjutan pertama [SMP] demi secara penuh mendedikasikan dirinya berlatih tanpa henti memukul shuttlecocks setiap hari selama berjam-jam. Mereka tidak mengeluh meski melihat remaja lainnya lebih memilih berjalan-jalan ke Mall dan bermain PS berjam-jam.

Secara sadar, mereka tahu harus ada yang dikorbankan, baik dalam jangka waktu panjang atau dalam jangka pendek. Kembali ke pertanyaan, berapa banyak waktu yang pas untuk kerja keras ngeblog? Sepenuhnya berpulang kepada kesadaran dan kebutuhan Anda sendiri.

Sebagai contoh, jawabannya adalah 20 jam seminggu. Sedangkan Anda juga harus bekerja kantoran 8 jam sehari. Anda sudah kehabisan waktu. Bagaimana melakukannya? Diperlukan komitmen dan prioritas dalam hidup Anda. Saran saya, kurangi nonton tivi. icon wink Kerja Keras Dalam Ngeblog

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s