4 Aturan Dasar Menjadi Blogger Sukses

4 Aturan Dasar Menjadi Blogger Sukses

July 17, 2009 by
in : Menulis / 59 Comments / 2,625 views

4045042791 001b0a0e02 4 Aturan Dasar Menjadi Blogger Sukses

Apa saja yang harus dilakukan supaya kita bisa menjadi salah satu bloger yang dianggap sukses? Definisi sukses bagi setiap orang mungkin berbeda, tetapi sukses dalam artian ini adalah sukses minimal, jangan terlalu membayangkan kesuksesan kita berarti kita bisa mendapatkan 4-5 digit setiap bulannya. Mungkin bisa mendapatkan 5 komentar di tiap postingan saja, sudah berarti sukses untuk kita. Atau bisa meraih nilai Page Rank dan Alexa Rank tertentu, sudah berarti kesuksesan dalam ngeblog. Tetapi prinsip dasar untuk meraih semua itu, bisa kita lakukan bila kita:

1. Kerja keras. Jangan setengah-setengah. Blog juga perlu kita rawat. Kerjakan dengan sepenuh hati. Jangan sampai pada suatu saat kita sangat meluap-luap semangatnya, tetapi hanya berlangsung sebentar, karena setelah itu langsung merasa bosan. Blog yang baik tentu saja dikerjakan dalam jangka waktu yang lama, penuh ketekunan, fokus dan tanpa lelah.

2. Terus menulis dalam jangka waktu yang panjang. Tulisan kita adalah investasi kita dalam ngeblog. Apa yang Anda tawarkan kepada pembaca adalah hasil dari tulisan Anda. Tidak ada aturan khusus dalam menulis blog. Anda bisa saja sekedar menceritakan kejadian sehari-hari yang Anda alami. Tetapi akan lebih baik lagi jika Anda menulis tentang apa yang dibutuhkan oleh orang lain. Tulislah setiap jangka waktu tertentu dan dalam waktu yang panjang. Tetapkan batas, misalnya 5 postingan setiap minggu.

3. Interaktif dengan bloger lain dan mau membantu. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menjawab semua komentar yang masuk ke dalam blog kita, dan juga blogwalking ke blog-blog lainnya. Berinteraksi dengan bloger lainnya dalam suatu forum atau komunitas tertentu, dan sesekali kopdar juga tidak ada salahnya. Jika ada yang bisa Anda lakukan untuk membantu bloger lainnya yang membutuhkan bantuan Anda, merupakan point plus tersendiri.

4. Selalu belajar dan mengikuti perkembangan. Anda tidak harus tahu semua hal, tetapi beberapa prinsip dasar dalam ngeblog tetap harus Anda ikuti. Ketika orang lain berkembang, jangan sampai Anda hanya jalan di tempat. Jangan cepat puas dengan apa yang telah Anda raih sekarang, cobalah untuk menapaki tangga yang lebih tinggi.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s