Kanker Payudara

 

, , , , , , ,

kanker payudara

Jumlah kasus kanker payudara meningkat setiap tahun. Adakah wanita yang kebal terhadap kanker yang menyerang payudara wanita ini? Bagaimana mencegah kanker payudara? Dan apa yang harus Anda lakukan jika ternyata Anda terkena kanker payudara? Berikut ini beberapa penjelasan yang bisa bermanfaat untuk Anda.

Penyebab Kanker Payudara

Beberapa kanker bisa didiagnosa penyebabnya. Misalnya kanker paru-paru disebabkan karena rokok. Atau kanker kulit disebabkan karena radiasi sinar UV matahari. Akan tetapi, untuk kanker payudara, belum ada penelitian yang menunjukkan ada penyebab tunggal yang pasti.

Beberapa faktor bisa menjadi pemicu kanker payudara. Misalnya faktor genetika, hormon, dan lingkungan bisa ambil bagian dalam menyebabkan kanker payudara. Wanita yang rentan terhadap faktor-faktor tadi bisa jadi memiliki risiko yang lebih tinggi.

Misalnya seorang wanita yang memiliki anggota keluarga yang menderita kanker payudara, seperti ibu, saudara perempuan, atau bahkan bibi atau nenek dari pihak ibu, memiliki kemungkinan lebih besar terkena penyakit ini. Jika ada beberapa orang dari antara sanak saudara ini menderita penyakit tersebut, risiko wanita tersebut lebih besar lagi.

Jika meneliti payudara wanita, dapat terlihat mengapa payudara begitu rentan terhadap kanker. Dalam payudara wanita terdapat pembuluh dan saluran halus. Fungsinya menyalurkan susu dari kantung-kantung penghasil susu ke puting susu. Pembuluh-pembuluh itu dilapisi sel-sel yang terus membelah diri dan berubah karena siklus haid wanita, saat kehamilan, produksi susu, dan saat menyusui bayinya. Di dalam pembuluh inilah kebanyakan kanker payudara bertumbuh.

Ketika sel-sel yang tidak normal membelah diri lalu kehilangan kendali dan berkembang biak, maka kanker payudara dimulai. Sel-sel semacam itu tidak berhenti bereproduksi, sehingga lambat laun sel-sel ini membebani jaringan-jaringan yang sehat di sekitarnya, mengubah organ yang sehat menjadi organ berpenyakit.

Mencegah Kanker Payudara

Bagaimana cara mencegah kanker payudara? Cara terbaik adalah memiliki gaya hidup yang sehat dan pola makan yang sehat. Mengikuti pola makan yang benar dapat mengurangi risiko Anda terkena kanker payudara hingga lima puluh persen. Sistem kekebalan tubuh berfungsi menghancurkan sel abnormal yang menjadi penyebab kanker. Sistem kekebalan tubuh ini dapat diperkuat melalui makanan yang kaya zat besi seperti sayuran hijau, buah yang kaya vitamin C, dan daging tanpa lemak.

Cara lain adalah dengan deteksi dini. Ditemukannya kanker payudara pada tahap dini tetap menjadi langkah terpenting dalam mengubah perkembangan kanker payudara. Pemeriksaan payudara secara pribadi dapat dilakukan secara teratur setiap bulannya. Seorang wanita harus waspada dalam mencari sesuatu yang tampak atau terasa mencurigakan pada payudaranya, misalnya jika ada pengerasan atau benjolan pada payudara.

Anda dapat menemukan informasi selengkapnya mengenai kanker payudara, cara pencegahan, dan cara deteksi dini pada artikel kesehatan berikut ini:

Anda pun dapat berlangganan informasi gratis pada website Kumpulan.Info. Untuk berlangganan info terbaru, silahkan klik link di bawah ini:

» Berlangganan Info Terbaru Gratis di Kumpulan.Info

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s