Tips Mengindari Pencurian Akun Gmail

Setelah teman-teman membaca dua tulisan saya sebelumnya mengenai bahaya spoofing serta apa yang harus dilakukan jika email kita sudah terkena spoofing, maka tulisan kali ini ingin memberikan tips-tips mengenai bagaimana tindakan prefentif agar kita terhindar dari hal-hal berbahaya tersebut. Tetapi jika anda belum mengetahui bagaimana ciri-ciri jika email anda terkena spoofing, maka silahkan baca dulu disini.

Nah ,berikut ini tips-tips yang harus anda lakukan sebelum email gmail anda diambil alih oleh orang lain :

Pastikan anda menggunakan operation system yang original dan selalu ter-update. Mengapa hal ini penting, karena para provider operation system selalu melakukan update produk mereka, dan pastinya tidak ingin kecolongan dengan hacker-hacker yang semakin hari semakin jago. Hal ini juga akan menguntungkan kita sebagai end user produk tersebut. Untuk pengguna Microsoft, silahkan lakukan update di sini.

Pastikan anda menggunakan anti virus dan malware yang selalu update dan tentunya terpercaya. Ada beberapa anti virus dan juga malware yang biasa digunakan, yaitu :

Kapersky Free virus scan, mau coba ? klik disini saja.

Spybot Search and Destroy, lanjut klik disini.

Google Pack, bisa di klik disini juga.

Lavasoft Ad-Aware, arahkan cursor ke sini,

MacScan, coba-coba dech klik ini.

Ini bukan promosi loh, jadi tiap-tiap aplikasi di atas memiliki keunggulan dan kekurangan, silahkan di coba sendiri dan kalaupun harus dibayar, yah bayarlah hehehe.

Ganti password anda secara regular. ini mah tidak perlu dijelaskan lagi ya….

Selain ganti password secara berkala, ganti juga security question dan juga recovery email address.

Pastikan Setting di account gmail anda di bawah ini tidak berubah :

General Tab : Signature, Vacation Responder dan Browser Connection.

Account and Import tab : send mail as.

Filter tab : pastikan setting filter yang anda buat tidak berubah, termasuk setting forward email yang anda buat. Jangan ada yang bertambah dan berkurang ya… J

Forwarding and POP/IMAP tab : pastikan juga tab disini tidak berubah ya, tidak hilang atau bertambah.

Gunakan koneksi yang aman saat mengakses akun gmail anda. Buat anda yang biasa mengakses gmail di komputer umum ataupun diwarnet, pastikan anda tidak men-save passwordnya. Biasanya ada permintaan untuk anda menyimpan password atau komputer tersebut mengingat anda.

Jangan membagi password anda ke orang lain, juga jawaban security question anda, dan jika anda mencatatnya di tempat tertentu maka pastikan orang lain tidak melihatnya.

Jangan sekali-kali mengisi link yang dikirim ke email anda dan meminta anda memasukkan password email anda. Jika anda mendapatkan emial link seperti itu, apalagi mengatas namakan gmail, silahkan ignore (lupakan) dan hubungi contact officer gmail.

Pastikan anda mengetik url yang benar, yaitu https://mail.google.com. Kalau mampu meningatnya, silahkan di ktik saja url diatas.

Nah semoga tips-tips di atas bermanfaat untuk teman-teman blogger. Saya yakin banyak yang menggunakan gmail, mengingat gmail memberikan kapasitas sotorage email yang cukup besar buat kita. Have a nice trying ya……..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s