TAJ MAHAL India (7 Keajaiban Dunia Baru)

Tāj Mahal (bahasa Urdu: تاج محل, Hindi: ताज महल) adalah sebuah monumen yang terletak di Agra, India. Dibangun atas keinginan Kaisar Mughal Shāh Jahān, anak Jahangir, sebagai sebuah musoleum untuk istri Persianya, Arjumand Banu Begum, juga dikenal sebagai Mumtaz-ul-Zamani atau Mumtaz Mahal. Pembangunannya menghabiskan waktu 23 tahun (1630-1653) dan merupakan sebuah adi karya dari arsitektur Mughal.
TAJ MAHAL India (7 Keajaiban Dunia Baru)

Di sebuah kota bernama Agra yang terletak di kawasan utara India Uttar Pradesh, berdiri sebuah gedung indah. Sekilas gedung ini mirip sebuah masjid. Tapi, sebenarnya ini adalah sebuah makam. Namanya, Taj Mahal. Selama berabad-abad, bangunan ini menjadi inspirasi banyak orang karena keindahannya. Boleh dibilang, Taj Mahal ini merupakan kreasi arsitektur paling indah di dunia.

Banyak orang yang berbondong-bondong mendatang bangunan yang terletak di tepi Sungai Yamuna ini untuk mengaguminya. Mereka kagum dengan keindahan bentuknya. Mereka juga kagum dengan kisah mengharukan yang ada di balik berdirinya Taj Mahal.

Tahu nggak? Taj Mahal adalah tanda cinta seorang pangeran untuk istrinya tercinta. Duh, romantis banget nggak sih? Ceritanya, Taj Mahal itu dibangun untuk mengenang Arjumand Bano Begum, istri pangeran. Arjumand menikah dengan putra ketiga Raja Jahangir, Pangeran Khurram, ketika berusia 21 tahun. Spanjang perkawinan itu, sang istri setia mendampingi suaminya di istana mereka yang mewah di Agra dan di tenda saat perang.

Pada 1628 Khurram menjadi raja setelah terjadi pertumpahan darah. Namanya pun berubah menjadi Shahjahan yang berarti sang raja dunia. Untuk sang istri, Shahjahan memberikan predikat tertinggi. Istrinya menjadi Mumtaz Mahal. Sayangnya, Mumtaz Mahal tidak ditakdirkan lama menjadi ratu.

TAJ MAHAL India (7 Keajaiban Dunia Baru)TAJ MAHAL India (7 Keajaiban Dunia Baru)
Sekitar 1631 Shahjahan mengadakan ekspedisi ke wilayah selatan dan, seperti biasa. Mumtaz Mahal menemaninya. Namun, dia meninggal ketika melahirkan anak ke-14 Shahjahan. Ketika Mumtaz Mahal meninggal, umurnya baru 39 tahun.

Untuk mengenang kepergian sang istri, Shahjahan memutuskan mendirikan makam indah yang terbuat dari marmer asli. Bangunan ini didirikan di pinggir sebuah sungai agar tidak tertutupi dengan bangunan lainnya. Bangunan yang akan terus dikenang dunia.

Untuk membangun makam besar (atau lebih sering disebut musoleum) ini, butuh waktu selama 17 tahun dan mengerahkan 20 ribu pekerja. Mereka yang bekerja adalah para ahli seperti arsitek, pemahat, ahli kaligrafi, dan tukang batu dari seluruh India, Persia, dan Turki. Bangunan Taj Mahal yang tingginya mencapai 60 meter ini berlapis emas, perak, bahkan berlian. Setelah selesai, tempat ini juga menjadi peristirahatan terakhir sang raja. Inilah Taj Mahal yang indah dan ‘mahal’.

Referensi:
7 Keajaiban Dunia  Baru:  adalah tempat/obyek di dunia  yang  merupakan keajaiban pilihan dari 100 juta orang di seluruh dunia lewat situs internet dan pesan singkat (SMS) telepon seluler, yang diadakan oleh Swiss Foundation yang bernama The New7Wonders Foundationberkolaborasi dengan beberapa badan/yayasan dunia lainnya.  Terpilihnya tujuh keajaiban dunia diumumkan di Lisbon, Portugal, pada tanggal 7 Juli 2007.
Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s