Software Pembuat Game

Sekarang membuat game menjadi lebih mudah dibanding dahulu. Banyak software yang tidak mengharuskan pengunanya mengerti bahasa pemograman namun bisa membuat game. Tetapi memang game yang dibuat tidak terlalu rumit seperti maze atau tembak-tembakan.Inilah beberapa aplikasi yang dapat membantu untuk membuat game :

  • Adventure Maker Free Edition

Aplikasi ini tidak hanya untuk membuat game untuk pc tapi juga untuk PSP (PlayStation Portable), iPhone, dan juga iPod Touch. Selain itu, Adventure Maker juga dapat dipakai untuk membuat aplikasi multimedia, virtual tours, aplikasi edukasi, hingga presentasi. Untuk menggunakannya cukup mengimpor gambar ke aplikasi, menambah sejumlah titik untuk menghubungkan gambar dengan gambar lainnya, dan proses selanjutnya dilakukan oleh aplikasi.

  • 3D Game Studio

Aplikasi ini menyediakan kemudahan dalam membangun game baik 2D maupun 3D, khususnya RPG (Role Playing Game). Bahkan dengan aplikasi ini, pengguna dapat membangun game berbasis format multiplayer, meskipun belum mendukung tampilan tiga dimensi. Arena permainan ini dapat dibuat dengan menggunakan komponen yang tersedia, seperti background air, tanah, atau udara. Aplikasi ini juga dapat membuat karakter  pc (playing character) dan  npc (non playing character).

·         Adventure Game Studio

Aplikasi ini dapat membuat game petualangan dalam tampilan semi-3D dengan menyediakan tutorial komplet mulai dari awal hingga tingkat lanjut secara step-by-step. Aplikasi ini dapat membuat game petualangan jenis point-and-click, seperti aneka game buatan pembuat game Sierra dan Lucasart yang terbit di tahun 1990-an. Fasilitas editor untuk membuat game beserta engine run-time-nya cukup mudah dikelola.Aplikasi ini juga memiliki sejumlah template game klasik yang dapat diedit dan dimodifikasi.

Aplikasi ini kompatibel dengan Windows 2000, XP, dan Vista serta membutuhkan penginstalan .NET Framework 2.0. Butuh pemahaman sebelum menggunakannya, tapi feature pengesetan game sangat fleksibel.

·         Game Maker

Aplikasi ini dapat digunakan untuk membuat beragam macam game untuk diinstall di PC. Mulai dari game berbentuk maze (labirin dengan konsep permainan bak puzzle), tembak-menembak, hingga permainan bertampilan tiga dimensi, dan first person shooter. Aplikasi ini menjanjikan trik pembuatan game dengan sistem drag-and-drop, sehingga untuk pembuatan game sederhana kita tidak perlu menggunakan bahasa pemrograman. Namun, ketika ingin membuat permainan yang lebih kompleks, kemampuan pemrograman juga diperlukan di sini.

·         Jump Craft

Aplikasi ini dapat  membuat game dengan mengeklik-tarik komponen game ke area pembuatan game. Selain itu, ada pula fasilitas untuk pemrograman sederhana, sebagai ajang tambahan untuk belajar programming.

·         Alice

Aplikasi ini sebenarnya adalah sebuah aplikasi yang dirancang agar kuliah pemrograman dapat lebih mudah dimengerti dengan menampilkan gambar-gambar 2D atau 3D yang bisa dimanipulasi. Saat ini banyak dipakai di sekolah-sekolah atau kampus di Amerika.Tampilan aplikasi menyenangkan, karena mirip aplikasi edukasi anak-anak. Dengan warna ceria dan paket komponen game yang memadai, proses pembuatan game dapat dilakukan tanpa melakukan pemrograman

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s