Pemerintah Sambut Google Buka Kantor di Indonesia

 

 
foto
REUTERS/Krishnendu Halde
 

TEMPO.CO, Jakarta – Kendati Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring belum memberikan konfirmasi kehadiran pada pembukaan kantor Google Indonesia, pihak Kementerian Komunikasi menyambut baik langkah Google tersebut.

“Kami mengapresiasi langkah Google,” kata juru bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Gatot Dewa Broto, kepada Tempo, Senin, 26 Maret 2012.

Menurut Gatot, pembukaan kantor perwakilan tersebut merupakan langkah awal Google di Indonesia. “Pada pertengahan tahun lalu, kami sudah meminta Google untuk membuka kantor representatif di Indonesia,” ujarnya.

Dengan jutaan pengguna di Indonesia, kata Gatot, memang sudah selayaknya Google membuka kantor perwakilannya di Indonesia. Gatot mengungkapkan sejumlah manfaat dengan pembukaan kantor Google di Indonesia.

Manfaat pertama akan dirasakan langsung oleh perguruan tinggi di Indonesia. Universitas bisa melakukan kerja sama langsung dengan Google melalui kantor perwakilannya. “Tidak perlu lagi ke kantor Google di Singapura atau Hong Kong,” kata Gatot.

Yang kedua, pembukaan kantor Google Indonesia juga akan membuat proses interaksi raksasa mesin pencari itu dengan para pemangku kepentingan di Indonesia bisa berlangsung cepat. Demikian pula bila ada persoalan hukum, penanganannya bisa lebih cepat.

Adapun soal mendirikan server di Indonesia, Gatot mengatakan pemerintah masih menunggu Rancangan Peraturan Pemerintah yang mengatur penyelenggaraan informasi dan transaksi elektronik (ITE). RPP ini merupakan aturan pelaksana dari Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik.

Google akan membuka kantor perwakilan di Indonesia pada Jumat, 30 Maret pekan ini. Selain pembukaan kantor, Google juga akan memperkenalkan Country Head Google Indonesia.

Dalam undangan yang diterima Tempo itu disebutkan kantor representatif Google di Indonesia diharapkan dapat meningkatkan pengalaman bagi para pengguna, pengiklan, juga mitra dari Google.

Sebelumnya, Country Marketing Manager Indonesia, Google Asia Pasific, Krishna Zulkarnain, mengatakan kantor perwakilan Google merupakan kantor pemasaran dan penjualan seperti halnya kantor Google di Singapura. “Basisnya marketing and sales, jadi tidak ada engineering-nya,” katanya seusai peluncuran program Bisnis Lokal Go Online di Hotel Le Meridien, Jakarta, Rabu, 11 Januari.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s