Langit Malam nan Cemerlang

Bayangkan apa jadinya kalau kamu pindah ke sisi lain Bumi, dimana tanahnya sangat berbeda dari apa yang kamu kenal sebelumnya. Sekarang coba bayangkan yang lebih besar lagi : Apa yang kamu  akan terjadi jika Bumi dipindah ke bagian lain dari Galaksi Bima Sakti ?

Area pusat Bima Sakti yang dipotret VISTA. kredit : ESO/D. Minniti/VVV Team

Galaksi Bima Sakti berbentuk seperti sebuah pusaran air. Ia memiliki jalur bintang yang berbentuk spiral di sekeliling pusat galaksi, yang oleh para astronom disebut sebagai lengan Galaksi.  (Untuk melihat seperti apa wajah galaksi Bima Sakti, klik disini). Kita hidup di bagian terluar dari Bima Sakti, tepatnya di salah satu lengan spiral.  Tempat ini merupakan tempat yang tenang di galaksi, dan bintang terdekat ke Matahari pun ‘tinggalnya” jauh.

Lokasi di pusat Bima Sakti merupakan area yang ramai, karena di tempat inilah kita bisa menemukan sebagia besar bintang. Foto terbaru yang tampak disini, diambil oleh teleskop VISTA, dan menunjukkan sebagian kecil area pusat yang sibuk.  Tempat ini sangat ramai, sehingga jika Bumi pindah ke area ini maka langit malam akan tampak spektakuler : bntang di langit malam sangat dekat sehingga akan cukup terang bagi manusia untuk membaca buku tanpa harus menyalakan lampu!

Tapi tentu saja tidak mungkin bagi kita untuk mengepak barang-barang dan pindah ke pusat Bima Sakti. Tapi dengan teleskop VISTA yang canggih, para astronom bisa mengamati keindahan pusat galaksi dari kejauhan.

Fakta menarik : Bima Sakti tidak hanya tampak seperti sebuah pusaran – ia juga berotasi seperti halnya pusaran air! Butuh waktu 200 juta tahun bagi Galaksi Bima Sakti untuk menyelesaikan satu putaran.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s