Samsung South East Asia Forum, Ajang Produk Terbaru Samsung

Sangat senang rasanya saya dapat meliput secara langsung Samsung South East Asia Forum 2012 yang diadakan di Bangkok, Thailand. Samsung South East Asia Forum ini merupakan yang ketiga kalinya diadakan. Sebelumnya Singapura merupakan tempat penyelanggaraan event akbar bagi Samsung. Sebenarnya, cakupan Samsung South East Asia Forum ini tidak hanya South East Asia, tetapi juga Oceania dan Australia.

Peserta yang datang tentu sangat banyak sekali. Dari Indonesia saja tidak kurang dari 500 orang ikut memeriahkan acara ini. Jumlah 500 orang tersebut terbagi ke dalam berbagai kelompok, antara lain dealer dan media. Saya sendiri bersama 22 rekan jurnalis lainnya diundang Samsung untuk meliput langsung berjalannya forum ini. Harus diakui, Samsung South East Asia Forum 2012 ini berjalan sangat sukses. Samsung mampu mengorganisasikan secara sangat baik, tidak hanya presentasi produk baru di panggung dan tour produk di booth, tetapi juga dari segi pelayanan kepada peserta, rekan jurnalis dan banyak pihak lainnya dengan kualitas yang memuaskan.

Sejatinya, acara puncak Samsung South East Asia Forum ini berlangsung pada hari Kamis tanggal 15 Maret 2012. Dalam acara puncak ini, Samsung meluncurkan sangat banyak produk baru dengan teknologi terkini yang mampu lebih memudahkan manusia dalam kegiatan sehari-hari. Mulai dari kegiatan di rumah, di perjalanan, dan di kantor hingga aktifitas di internet. Samsung dengan produk terkininya menawarkan solusi dengan membawa tema besar Pushes Boundaries ( dalam arti memperkecil batasan-batasan yang ada). Dengan tema ini Samsung menawarkan solusi agar berbagai kendala yang dialami manusia di setiap segi kehidupannya dapat diminimalisasi dengan menggunakan produk-produk inovatif dari Samsung.

Produk-produk inovatif Samsung yang diluncurkan dalam Samsung South East Asia Forum 2012 terbagi ke dalam berbagai kategori, yaitu TV/AV, Digital Imaging, Digital Appliance, IT, Mobile, serta Content & Services.

1. TV/AV

Pada kategori ini Samsung meluncurkan produk andalan mereka, yaitu Samsung  Smart TV ES8000 LED TV. ES8000 merupakan televisi generasi baru dengan mengedepankan tiga hal penting, yaitu Smart Interaction, Smart Content, dan Smart Evolution.

Televisi ini disebut smart karena pemilik atau penonton TV yang ingin menonton TV dapat mengendalikan televisi ini dengan kendali suara (Voice Recognition). Cukup mengatakan Hi TV, televisi akan menyala. Kemudian katakan Volume Up, volume akan naik, demikian pula sebaliknya. Ketika hendak berganti Channel cukup katakan channel up/down, televisi akan secara otomatis berganti channel. Jika berada di ruang yang agak riuh dan khawatir suara tidak dikenali, Samsung menyediakan microphone yang juga sekaligus sebagai remote. Cukup mengatakan kepada microphone tersebut, TV akan melakukan perintah dengan otomatis. Selain itu dapat juga berkomunikasi dengan televsi melalui kontrol gerak dan pengenalan wajah.

Smart content karena Samsung menyediakan konten-konten cerdas bagi mereka yang suka menikmati waktu dengan menonton televisi. Dengan fitur All Share konten yang ada di TV akan lebih kaya. Misalnya anda mengambil foto dengan Samsung Galaxy S, foto ini dapat anda kirim ke televisi sehingga orang tua atau saudara anda dapat melihat foto tersebut.

Smart Evolution merupakan langkah maju Samsung dalam dunia pertelevisian. Dengan fitur ini anda tidak perlu membeli televisi baru, cukup lakukan upgrade terhadap televisi lama anda sehingga meskipun tv lama, tetapi kekuatannya berdasarkan fitur terbaru.

2. Digital Imaging

Dalam kategori Digital Imaging, Samsung meluncurkan kamera digital terbaru WB850F dengan kempuan smart WiFi. Selain itu ada juga WB150F, ST200F dan DV300F dengan kemampaun smart WiFi yang sama. Khusus untuk WB850F Samsung menghadirkan panjang zoom optik hingga 21x dan desain ultra compact agar dapat memberikan kelleluasan bagi pengguna untum menangkap objek dengan jelas saat bergerak. Dengan kemampuan Smart WiFi kamera WB850F dapat dihubungkan dengan smartphone atau tablet untuk berbagi foto di media sosil seperti Facebook, YouTube dan Picasa. Foto juga dapat dikirim via email dengan cara yang sangat sederhana. Pengguna juga dapat menggunakan fungsidi Backup ototmatis untuk mentransfer foto ke PC tanpa harus membawa kabel data.

3. Digital Appliance

Peralatan rumah tangga di dunia yang semakin moderan haruslah bisa memperluasa batasan-batasa yang ada. Dengan peralatan rumah tangga dari Samsung hal ini dapat diwujudkan. Samsung memberikan tiga hal penting dalam peralatan rumah tangga yang mereka ciptakan, yaitu Eco, Space dan Smart Future. Contoh dalam mesin baru Samsung terdapat fitur EcoBubbleTM yang memungkinkan penghematan energi untuk mencuci di air dingin namun memberikan performa pencucian yang sama dengan kondisi 40 derajat celsiun lebih hangat.

AC Samsung terbaru kini dilengkapi dengan fitur WiFi yang dapat dikendalikan dari jarak jauh melalui smartphone Galaxy S. Khusus untuk pasar Australia, Samsung menciptakan sebuah robot untuk membersihkan rumah. Di dalam line up air purifier, Samsung menghadirkan teknologi 3 in 1 yang berfungsi sebagai pelembab udara, membersihkan udara dan sekaligus dengan Samsung Virus Doctor (S-Plasma ion) menyediaan udara bersih kuman di dalm ruangan.

4. IT

Samsung menghadirkan generasi kedua dari laptop tertipis di dunia saat ini atau biasa disebut ultrabook, yaitu Samsung Notebook Seri 9. Dengan ketipisan 21% dari generasi pertama dan 28% lebih kecil dari pendahulunya. Samsung Sei S terbaru ini menghabikan jam kerja desain sebanyak 33.000. Dengan Intel Core i-7 dan Samsung SSD, laptop ini dapat langsung digunakn hanya dalam waktu 9,8 detik dari keadaan mati dan terbangun dari kondisi idle hanya dalam waktu 1,4 detik. Tampilan Super Bright Plus menghasilkan kualitas gamabr yang sangat bagus dengan kecerahan 400nit.

5. Mobile

Di bidang mobile, Samsung menghadirkan beberapa produk unggulan mereka untuk pasar Asia Tenggara, Australia dan Oseania di tahun 2012 ini. Produk yang cukuppenting adalan Galaxy Tab generasi kedua untuk ukuran 7,0 inchi dan 10,1 inchi. Galaxy Tab generasi kedua ini didukung oleh Android generasi keempat aau yang biasa disebut Ice Cream Sandwich. Kedua produk ini tersedia dalam dua kategori, yaitu WiFi dan 3G. Untuk smartphone, Samsung secara resmi meluncurkan Galaxy Beam yang biasa digunakan sebagai proyektor untuk keperluan presentasi secara sederhana.

6. Content and Services

Samsung tidak hanya fokus membuat gadget atau produk, mereka juga membuat konten untuk gadget yang dihasilkan. Dengan adanya Samsung Smart TV kebutuhan terhadap konten juga meningkat. Oleh sebab itu Samsung meluncurkan Viki Premier. Dengan konten ini, pengguna Smart Tv dari Samsung dapat menikmati konten bagus  seperti acara TV, film dan hiburan dari seluruh dunia dengan alih bahasa ke berbagai macam bahasa dengan cara berlangganan. Viki adalah konten video yang dapat ditonton secara berlangganan. Viki Premiere akan tersedia di Samsung Apps mulai bulan Maret 2012.

Selain produk-produk di atas, Samsung juga meluncurkan banyak produk baru untuk mempermudah pekerjaan di kantor. Printer terbaru SCX-3405FW merupakan solusi tepat untuk mengatasi masalah pencetakan dokumen kantor. Printer ini bisa melakukan pencetakan secara wireless.

Samsung juga meluncurkan sebuah produk baru, yaitu Premium Audio Dock System, sebuah produk hybrid yang dapat memutar lagu yang ada di smartphone Galaxy S II, Galaxy Player, Galaxy Note, iPad dan juga iPhone.

Di bidang home entertainment system Samsung meluncurkan HT-E6750W yang mampu menghasilkan suara sangat bening dan dalam. HT-6750 merupakan 7,1 Channel Blu-ray 3D Home Entertainmen System dengan speaker berbahan fiber glass dan desain sleek and clean. Untuk monitor, Samsung meluncurkan monitor LED seri 9 terbaru yang akan tersedia mulai bulan Juni 2012.

Berikut ini beberapa gambar yang dapat diambil ketika acara Samsung South East Asia Forum sedang berlangsung.

13319030211904675620

Peluncuran Samsung Galaxy Tab Generasi Kedua

1331903533400642934

Model di sisi lemari pendingin terbaru Samsung

1331903674443238682

Craig Gillespie, Digital Imaging Manager Samsung Australia, menjelaskan kamera terbaru dari Samsung

13319037891613344732

Galaxy Tab Generasi Terbaru dari Samsung

1331903904235921831

Produk baru di jajaran smartphone Galaxy, Galaxy Beam yang dapat digunakan sebagai proyektor

Bonus:

1331904081605477093

Pemain musik yang bening dan cantik sebelum acara Samsung South East Asia 2012 dimulai

Iklan

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s